Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyalurkan bantuan kepada para petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara yang menderita sakit saat menjalankan tugasnya pada Pemilu 2019.

"Sebanyak enam orang kami berikan uang tunai sebagai bentuk kebersamaan dan apresiasi atas kerja keras dan maksimal yang mereka dedikasikan saat menjalankan tugasnya dalam menyukseskan Pemilu 2019," kata Ketua KPU Kabupaten Bangka Barat, Pardi di Mentok, Jumat.

Pemberian santunan tersebut merupakan bentuk kepedulian para pegawai dan komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat kepada para petugas yang sakit saat menjalankan tugas.

"Enam orang tersebut ada yang dari petugas KPPS, petugas perlindungan masyarakat dan petugas sekretariat penyelenggara, mereka semua kami bantu karena telah memberi andil dan cukup berjasa ikut menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2019," katanya.

Para penerima bantuan tersebut telah melalui tahapan verifikasi sesuai dengan berkas yang sudah disampaikan kepada KPU Kabupaten Bangka Barat.

"Seluruhnya sudah diverifikasi dan enam orang tersebut yang mendapatkan bantuan, jadi tahapannya para petugas yang sakit memberitahukan kepada KPU kabupaten, selanjutnya dilakukan cek data dan dilihat kondisi petugas untuk selanjutnya diberikan bantuan," katanya.

Menurut dia, pelaksanaan Pemilu 2019 di daerah itu cukup sukses meskipun terdapat enam orang petugas penyelenggara yang sakit pada saat menjalankan tugas.

Tingkat partisipasi pemilih cukup tinggi hingga sekitar 80persen dari jumlah pemilih, bahkan di Kecamatan Kelapa tingkat partisipasi tertinggi se-Babel, yaitu mencapai lebih dari 90 persen.

"Tanpa etos kerja militan para penyelenggara di tingkat desa hingga TPS dan seluruh instansi terkait serta peserta, kami yakin partisipasi pemilih tidak akan sebesar itu," katanya.

Ia berharap tali asih dari para pegawai dan komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat bisa bermanfaat dan memberikan motivasi kepada para penerima untuk terus bersama-sama menyukseskan pelaksanaan pemilu di tahun selanjutnya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019