Muntok (Antara Babel) - Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen Gatot Subiyaktoro menyatakan situasi arus mudik di Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Kabupaten Bangka Barat  cukup aman dan kondusif.

"Secara keseluruhan tidak ada penumpukan penumpang yang akan menyeberang menggunakan kapal menuju Sumatera Selatan di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, meskipun ada sejumlah kendaraan yang mengantre sampai luar terminal pelabuhan," kata Kapolda Gatot pada pemantauan langsung ke Pelabuhan Tanjungkalian Muntok, Kamis.

Ia menjelaskan, dalam upaya memberikan jaminan keamanan di lingkungan Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, Kepolisian telah mengerahkan sejumlah petugas di lokasi tersebut dan membuka posko yang dijaga selama 24 jam per hari yang berlokasi di terminal kendaraan di pelabuhan tersebut.

"Meskipun keamanan dan ketertiban kondusif, kami tetap waspadai karena masih adanya banyak penumpang yang menunggu di luar, kami sudah berkoordinasi dengan pos pengamanan untuk mewaspadai jangan sampai terjadi gangguan keamanan dan ketertiban pada masa mudik dan balik tahun ini," kata dia.

Terkait dengan masih banyaknya penumpang berupa kendaraan roda dua dan empat yang mengantre di pelabuhan tersebut, dirinya tetap mengimbau kepada PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian agar tetap mengutamakan keselamatan penyeberangan.

Ia mengatakan, kepolisian sudah menugaskan anggota untuk memantau di sekitar kapal feri untuk memastikan jumlah kendaraan dan penumpang orang yang diangkut tidak melebihi kapasitas daya angkut kapal.

"Kami antisipasi agar jangan sampai nanti terjadi kelebihan beban penumpang di dalam kapal yang malah akan menjadi penyebab kecelakaan laut, untuk itu anggota harus siap di depan kapan untuk mencek langsung kapasitas dan penumpang, jangan sampai melebihi daya angkut," tegasnya.

Menurutnya, kebijakan yang diambil oleh pihak ASDP dengan sesegera mungkin memberangkatkan kapal setelah kapal penuh merupakan kebijakan yang tepat, karena kebijakan itu bisa mengantisipasi terjadinya penumpukan di terminal tunggu sehingga semua bisa berjalan lancar.

"Secara umum transportasi laut dari Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok sudah cukup terkendali dan diharapkan para pemudik bisa sampai ke tempat tujuan dengan selamat dan bisa kembali lagi ke Babel," kata dia.

Mengenai kondisi keamanan di lokasi pelabuhan, kata dia, Polda sudah melakukan koordinasi dengan Polres Bangka Barat untuk memberikan rasa aman bagi para pemudik yang berada di pelabuhan tersebut.

"Kalau memang dinilai terjadi lonjakan penumpang, kami sudah berkoordinasi dengan Kapolres Bangka Barat untuk segera menambah jumlah anggota jaga agar masyarakat, khususnya para penumpang dan calon penumpang merasa aman dan nyaman melaksanakan perjalanan mudik hari raya Idul Fitri 1435 Hijriah," kata dia.

Hal ini dikatakan Kapolda Babel Brigjen Gatot Subiyaktoro saat melakukan pemantauan langsung arus mudik di Babel dengan berkunjung ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, pada kamis (24/7) siang, kunjungan itu dilaksanakan kapolda bersama Gubernur Babel Rustam Effendi, Danrem Kolonel (Inf) Untung Budi Hartono, Bupati Bangka Barat Zuhri M Syazali, Kapolres Bangka Barat AKBP DJoko Purnomo, General Manajer PT ASDP Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok Dadan Hermawan.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014