Koba (Antara Babel) - Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan
Informatika Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, menambah sebanyak dua unit bus sekolah pada 2014.

"Sekarang dalam proses, dalam waktu dekat dua unit bus sekolah itu sudah bisa beroperasi," kata Kepala Diskominfo Bangka Tengah Wahyu Nurrakhman di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan penyediaan armada khusus bagi siswa SMP dan SMA ini untuk memudahkan mereka menjangkau sekolah masing-masing dan tidak ada kemungkinan terlambat datang.

"Tujuannya memudahkan siswa menjangkau sekolahnya yang jauh dari rumah masing-masing dan kemungkinan terlambat datang ke sekolah tidak ada karena sudah naik bus sekolah yang antar dan jemput tepat waktu," katanmya.

Ia menjelaskan, dengan adanya penambahan dua unit bus sekolah maka saat ini Pemkab Bangka Tengah sudah memiliki sebanyak 13 unit bus sekolah yang melayani ruti ke seluruh kecamatan.

"Jumlah bus sekolah di Kecamatan Koba sebanyak tiga unit, Kecamata Pangkalanbaru dua unit,  Simpangkatis dua unit, Sungaiselan satu unit, Namang satu unit dan Kecamatan Lubuk dua unit dengan total jumlah bus saat ini 11 unit," ujarnya.

Ia mengatakan, dua unit penambahan bus tersebut rencananya akan dioperasikan di Kecamatan Koba sementara satu unit bus yang ada di Koba saat ini dialihkan rutenya ke kecamatan lain.

"Jumlah nominal kebutuhan ideal bus di setiap kecamatan dilihat dari jumlah siswea, makanya jumlah bus di setiap kecamatan tidak sama karena ditentukan oleh total jumlah siswa," ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya bus sekolah ini bisa meminimalkan angka kecelakaan lalu lintas karena siswa tidak lagi menggunakan sepeda motor untuk pergi ke sekolahnya masing-masing.

"Dengan demikian, maka orang tua siswa di rumah tidak mengkhawatirkan anaknya mengalami kecelakaan di jalan karena sudah naik bus sekolah," ujarnya.

Pewarta: Pewarta: Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014