Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, melibatkan pihak swasta untuk membantu menanggulangi penangkalan muara Air Kantung.

"Kami akan melibatkan pihak swasta yang memenuhi ketentuan syarat yang ditetapkan mempunyai hak untuk bermitra dengan pemerintah daerah dalam menangani pendangkalan muara Air Kantung," kata Bupati Bangka, Mulkan di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan perusahaan swasta yang berminat, terlebih dahulu diharuskan menyampaikan paparan program kerja di hadapan tim yang sudah dibentuk pemerintah.

"Pemaparan oleh pihak swasta yang berminat tersebut menjadi salah satu dasar pemerintah daerah untuk menentukan perusahaan swasta yang layak menjadi mintra pengerukan alur tersebut," katanya.

Bupati Bangka berharap, keterlibatan swasta dalam penanganan pendangkalan muara Air Kantung dapat membantu menyelesaikan masalah yang selama ini dikeluhkan oleh nelayan.

Muara Air Kantung merupakan pintu keluar masuknya kapal nelayan baik yang hendak atau akan melaut, namun kondisi muara sering mengalami pendangkalan akibat tumpukan pasir yang menutupi pintu muara.

Menurut salah seorang nelayan Sungailiat, Ambo, pada saat terjadi penumpukan pasir di muara, kapal nelayan terpaksa tidak dapat melaut sebelum air laut pasang, begitu pula nelayan yang hendak berlabuh di kolam pelabuhan.

"Saat penumpukan pasir di muara, kondisinya tidak dapat dilewati kapal nelayan, kalaupun terpaksa melewati di muara tersebut harus menunggu air laut benar-benar pasang," katanya.

Dia berharap, ke depannya ada perusahaan swasta mintra pemerintah yang benar-benar serius melakukan pengerukan pasir muara sehingga permasalahan yang dihadapi nelayan dapat teratasi.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019