Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memotivasi mahasiswa asal daerah itu yang menerima beasiswa untuk kuliah di Institut Pertanian Bogor (IPB) agar mampu menguasai teknologi pertanian untuk dipraktikkan di kampung halaman.

Motivasi itu disampaikan Wabup Bangka Sahbuddin ketika menemui dan berdialog dengan belasan mahasiswa IPB di Bogor, Kamis.

Dialog dengan 18 mahasiswa dan mahasiswi yang mendapatkan beasiswa dari Pemkab Bangka itu disaksikan Kepala Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB Dr Ibnul Qayim.

Sahbuddin mengatakan, pihaknya mengetahui jika mahasiswa asal Bangka tersebut telah memasuki semester akhir dan segera meraih status sarjana pertanian.

Ia mengharapkan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut mampu menguasai ilmu dan teknologi pertanian dengan baik guna diterapkan di Kabupaten Bangka.
Wakil Bupati Bangka, Syahbudin saat bertatap muka dengan mahasiswa IPB asal Bangka (babel.antaranews.com/kasmono)


"Diharapkan keberadaan kalian mampu mewujudkan Bangka yang lebih baik," katanya.

Sebagai mahasiswa yang menimba ilmu di perguruan tinggi ternama seperti IPB, mahasiswa asal Bangka itu didorong untuk memanfaatkan peluang yang diberikan.

"Kalianlah harapan kami, terutama masyarakat Kabupaten Bangka agar kalian bisa membantu masalah pertanian yang dihadapi masyarakat," ujar Sahbuddin.

Namun sebagai pimpinan daerah, Wabup Bangkajuga mengingatkan agar mahasiswa asal Bangka tersebut mampu menjaga diri dan tidak terjebak pada perbuatan yang tidak diinginkan.

"Dengan komunikasi yang tidak terbatas lagi, diharapkan mahasiswa asal Bangka tidak mudah terprovokasi dan melakukan perbuatan yang bisa berhadapan dengan hukum. Fokuslah menimba ilmu," katanya.

Sementara itu, Kepala BUD IPB Dr Ibnul Qayyim juga mengharapkan mahasiswa yang mendapatkan beasiswa tersebut mampu menambah kemajuan Kabupaten Bangka setelah menyelesaikan pendidikan.

Namun IPB juga berharap Pemkab Bangka dapat memberikan dukungan berupa beasiswa lanjutan agar mahasiswa tersebut bisa melanjutkan ke program pascasarjana.

Apalagi ada beberapa mahasiswa asal Bangka yang cukup berprestasi sehingga diikutkan dalam sejumlah kegiatan ke luar negeri, diantaranya ke Jepang.
 
Kunjungan itu diikuti Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan Syafarudin, Kepala Dinas Pendidikan Andi Hudirman, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kemas Arpani, Kepala Dinas Penanaman Modal Asmawi Alie, Kepala Dinas Kominfo Zulkarnain Idrus, dan Kepala Disparpora Asep Setiawan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019