Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengajak pihak terkait untuk bersama-sama bersinergi guna menurunkan angka perceraian.

"Mari kita bersinergi menekan angka perceraian dan pihak terkait diharapkan tidak memberikan kemudahan bagi pasangan yang belum memenuhi syarat untuk menikah," kata Erzaldi Rosman, di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengatakan, pihak terkait juga diharapkan melakukan percepatan pelaksanaan program sidang terpadu, dalam upaya memberikan kepastian hukum terhadap status perkawinan, terutama bagi pasangan yang belum menikah resmi sebagaimana diatur dalam Undang - Undang Perkawinan.

Program sidang terpadu dapat segera direalisasikan melalui nota kesepahaman antara PTA Babel, Kanwil Kemenag dan Pemprov Babel. Sehingga dapat melayani masyarakat yang memerlukan kepastian hukum status pernikahan secara optimal.

"Harus ada dukungan, termasuk dari pejabat baru Kepala PTA Babel Ibu Ummi Kulsum, bukan hanya mengurusi persoalan perceraian saja," ujarnya.

Program sidang terpadu PTA Babel, dalam rangka memberikan pelayanan prima dan manfaat bagi masyarakat yang membutuhkan layanan tersebut. Sekaligus memperkuat sinergi bersama dalam mengurangi angka perceraian di Bangka Belitung.

"Sejalan dengan itu, Pemprov Babel juga mengedepankan program layanan syariah, antara lain melalui pengembangan ekonomi syariah dan wakaf produktif," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019