Pemkab Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sediakan layanan bus sekolah gratis untuk antar jemput pelajar yang ada di daerah itu.

"Sampai saat ini kami telah miliki sebanyak 14 armada jenis bus, yang digunakan untuk antar jemput pelajar," kata Kabid Perhubungan Darat, Khairul di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan bus ini di sebar di delapan kecamatan yang ada di Bangka Selatan dan diperuntukkan untuk mengangkut para pelajar dari tingkat SMP sampai SMA di setiap kecamatan ke setiap sekolah tujuan, tanpa dipungut biaya.

"Dari tahun 2013, bus sekolah di Basel khususnya dioperasikan secara bertahap, lalu tahun-tahun selanjutnya kita anggarkan hingga sekarang menjadi 13 armada, satu armada  bantuan dari Kementerian Perhubungan," katanya.

Ia menjelaskan saat ini bus sekolah yang ada sudah  menyanggupi mengantar pelajar dari mulai pergi sampai pulang sekolah dengan masing-masing rute di setiap kecamatan.

"Khususnya di Pulau Lepar sendiri kita ada dua armada bus sekolah di sana, jadi bus sekolah saat ini sudah merata di setiap kecamatan di Bangka Selatan," katanya.

Ia mengatakan dengan adanya fasilitas yang disediakan pemerintah daerah ini diharapkan tidak ada lagi alasan anak anak tidak mau ke sekolah karena alasan jarak.

"Sementara layanan kita masih gratis dan kami usahakan seterusnya guna memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya para pelajar," katanya.

Ia mengatakan untuk biaya operasional dan perawatan empat belas bus sekolah ini pihaknya masih menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD.

"Untuk biaya BBM dan Perawatan masih kami anggarkan melalui APBD, sedangkan untuk supir berstatus tenaga honorer di lingkungan Pemkab Bangka Selatan," katanya

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019