Cabang olahraga (cabor) tenis meja dalam Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri hari pertama yang berlangsung hingga Selasa (12/11) malam berhasil meloloskan 11 tim dari penyisihan grup beregu putra.

Satu tim lainnya yang akan keluar sebagai juara grup, masih menyisakan pertandingan di grup L antara DKI Jakarta menghadapi Sulawesi Barat.

Sedangkan dua pertandingan pada hari yang sama di grup G antara Jateng versus Kemendikbud dan di grup H mempertandingkan Papua Barat melawan Kemen KUKM, tidak memengaruhi hasil penyisihan grup.

Penyisihan grup yang berlangsung sejak pagi hingga berakhir sekira pukul 22.00 Wib di sport centre SMA Yosef Pangkalpinang mempertandingkan kelas beregu putra dan putri.

Tim Kementerian Perhubungan dan Provinsi Kalimantan Tengah menjuarai klasemen sementara masing-masing grup. Kemenhub bertengger di posisi teratas klasemen grup E setelah menang tiga kali pertandingan dengan poin 6.

Kemenangan akhir sebagai juara grup diraih menyusul Tim Nanggroe Aceh Darussalam mundur dari pertandingan karena kekurangan pemain.

Sementara Kalteng unggul 4 poin mengalahkan dua pesaingnya di grup H yakni Papua Barat dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Di pool A, Kemenpora berhasil menjadi juara grup dengan poin 4 setelah menundukan Kementerian ESDM dan BPK. Diikuti Kementerian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Nasional (ATR-BPN) menjuarai grup B , dengan torehan 6 poin.

Dua pesaing di bawahnya masing-masing Kementerian Perindustrian dan Sekretariat Negara  mencatat perolehan angka masing-masing 4 dan 5 poin.

Kementerian Pertanian turut merajai grup C, dengan 6 poin setelah menang WO atas Kementerian PPPAI, serta sebelumnya mengalahkan Kemenkominfo dan Provinsi Riau.

Di grup D, Sulawesi Tenggara masih cukup kuat memimpin klasemen dengan raihan 6 poin, disusul tim dari Kemendagri dan PUPR.

Pada pertandingan penyisihan grup E, Kemenhub mengantongi poin 6 atas lawan-lawannya Sumsel, Sumbar dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD). Hasil tersebut mengukuhkan Kemenhub juara grup E.

Di Grup F, Provinsi Jabar berhasil menempati posisi teratas klasemen. Sebelumnya Jabar dan Bali membuka peluang menjuarai grup. Pasalnya dua tim ini berhasil menaklukan BMKG.

Begitu pula di grup G, tiga tim masing-masing Jateng, Kemendikbud dan Kemenkeu berpotensi juara. Sayangnya Kemenkeu sudah menyelesaikan dua pertandingan. Sementara Jateng dan Kemendikbud akan mengejar poin.

Pada grup H, Kalteng dengan poin empat mengandaskan perlawanan Papua Barat dan Kemen KUKM. Di grup I, Kalimantan Barat masih di posisi teratas dengan hasil mengalahkan Babel dan Sulawesi Utara.

Kalbar menyisakan satu pertandingan menghadapi Kemendag pada Selasa malam, yang kembali menyerah usai mengalami dua kali kekalahan sebelumnya. Hasil pertandingan Babel dan Sulut tidak memengaruhi posisi Kalbar yang menjuarai grup dengan total poin 6.

Regu putra Lampung berhasil merebut enam poin, selisih satu poin dari Provinsi Banten pada perebutan peringkat di grup J. Sebelumnya Lampung juga mengalahkan Kejagung dan Jambi.

Hasil fantastis diraih Jatim di grup K, dengan poin 3/2 atau 1,5 menang dari DIY, Kepri dan Kaltim

Pada grup L, tim DKI Jakarta masih berpeluang lolos sebagai juara grup, menyusul di bawahnya Kemenag dengan 2 poin  dan Sulbar masih belum memetik poin.

Sementara itu kelas beregu putri hari ini mempertandingkan enam grup. Pada grup S, Jateng dan Sulsel akan saling berhadapan untuk merebut point 4 sebagai juara grup setelah keduanya menumbangkan tim putri Kemenkominfo.

Di grup T, Kalbar dan Kemenag juga akan saling bertanding memperebutkan tiket ke enam besar.

Sedangkan tim beregu putri Jabar dipastikan menjuarai grup setelah mengumpulkan 4 poin. Sementara Kaltim dan Papua Barat meraih 2 poin, dan Kemendikbud masih nihil poin.

Tim putri Kementan yang mengantongi 4 poin akan menghadapi Kemendagri yang menelan 2 kali kekalahan melawan Kepri dan Babel.

Di grup W, Kemenpora dan Sumatera Barat sama-sama meraih 4 poin dan akan saling berhadapan merebut tiket juara grup.

Di grup X, Jatim masih berpeluang lolos dari penyisihan grup dengan menyisakan satu pertandingan lagi setelah mengalahkan Lampung yang menoreh dua poin dari dua kali pertandingan. Sementara PUPR menelan kekalahan dari Lampung dan berpeluang kecil menyingkirkan Jatim.

Berdasarkan keterangan panitia, pada pertandingan Rabu (13/11) ini akan menyelesaikan final beregu putra dan putri.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019