Sungailiat (Antara Babel) - Sebanyak 198 orang calon jamaah haji Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung mengikuti bimbingan massal manasik haji yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat.

Bupati Bangka, Tarmizi Saat pada kesempatan itu, Selasa, menyampaikan harapan agar calon jamaah yang melaksanakan manasik dapat mempersiapkan diri dengan baik dan benar.

"Saya berharap para calon jamaah mempersiapkan diri dengan baik. Selain banyak belajar mengenai pengetahuan ibadah haji, para calon jamaah haji juga diminta untuk menjaga kesehatan dan kebugaran agar saat berada di Tanah Suci bisa melaksanakan seluruh rukun haji dengan baik," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan itu merupakan agenda rutin dan harus dilaksanakan karena merupakan bimbingan yang penting sehingga dalam melaksanakan ibadah haji nanti dapat memudahkan para jamaah sehingga lancar dalam pelaksanaanya.

"Ini untuk modal kita di Tanah Suci sehingga pelaksanaan seluruh rangkaian ibadah haji nantinya berjalan dengan lancar," katanya.  
    
Ia mengatakan, manasik akan dilaksanakan selama enam hari yang dipusatkan di Islamic Center Bahrul Ulum.

"Pelaksanaan manasik ini dibagi tiga hari praktek dan tiga hari teori," katanya.

Salah seorang calon jamaah haji dari kecamatan Sungailiat, Haidar mengaku sangat terbantu dengan adanya manasik tersebut.

"Kita sangat terbantu dengan manasik haji ini dan yang terpenting kita jaga kesehatan kita," katanya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014