Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada tahun ini mampu mempertahankan predikat tertinggi sebagai kabupaten sehat kategori Swasti Saba Wistara dari Kementerian Kesehatan dan Kemendagri.

"Pencapaian predikat terbaik ini tidak terlepas dari peran serta masyarakat dan seluruh instansi terkait serta kelompok masyarakat, kami berharap tahun berikutnya bisa ditingkatkan," kata Bupati Bangka Barat, Markus di Mentok, Kamis.

Kabupaten Bangka Barat mampu meraih predikat kabupaten sehat kategori Swasti Saba Wistara dalam dua tahun berturut-turut merupakan salah satu bukti keseriusan pemerintah bersama masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan di daerah itu.

Ia berharap penghargaan itu menjadi motivasi masyarakat dan seluruh instansi untuk lebih meningkatkan perilaku dan lingkungan sehat, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Pencapaian prestasi itu diyakini akan mampu membangun tatanan kehidupan bermasyarakat, sebagai prakondisi mencapai masyarakat madani dan sehat, warga kami harapkan terus meningkatkan budaya perilaku hidup bersih dan sehat.

"Budaya PHBS akan terus meningkatkan kesehatan lingkungan maupun keluarga," ujarnya.

Penghargaan Swasti Saba Wistara merupakan penghargaan bagi kabupaten sehat yang diberikan Kementerian Dalam Negeri yang penyerahan penghargaannya akan dilaksanakan di Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta pada Selasa (19/11).

"Kami mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi, sehingga Bangka Barat kembali berhasil meraih predikat tertinggi itu selama dua kali berturut-turut, pencapaian ini merupakan bukti nyata komitmen pemerintah daerah dalam mewujudkan masyarakat sehat dan sejahtera," katanya. 

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019