Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan, sediakan lahan guna memfasilitasi pembangunan terminal baru tipe B yang akan dilaksanakan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung guna mendukung kelancaran transportasi darat antar kabupaten.

"Pembangunan terminal tipe B itu kewenangan Provinsi, karena lokasi pembangunan di Bangka Selatan maka kami membantu memfasilitasi lahan," Kata Kepala Bidang Perhubungan Darat, Kabupaten Bangka Selatan, Khairul di Toboali, Jum'at.

Ia mengatakan lahan yang disiapkan untuk pembangunan terminal tipe B ini berlokasi di Desa Bikang dengan luas kurang lebih tiga hektare.

"Wacana Pembangunan terminal tipe B oleh Pemprov ini berlokasi di sebelah pasar Bikang dan kami sudah menyiapkan lahan yang dihibahkan desa kepada Pemkab," kata dia.

Ia mengatakan beberapa waktu lalu pihak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung telah melakukan peninjauan lokasi yang hendak dibangun terminal, namun untuk realisasi pihaknya kurang tahu karena hal itu menjadi kewenangan provinsi.

"Untuk pasti kapan pembangunan itu dilaksanakan kami belum tahu, karena itu domain dari pihak Dishub Provinsi, namun lahan yang kami siapkan strategis karena dekat jalan nasional dan pasar," kata dia.

Menurut dia, terminal ini kedepan berfungsi sebagai pusat berkumpulnya bus antar kabupaten dan antar desa jika ada angkutan yang mengkoneksikannya.

"Yang jelas kami siap mendukung wacana pemerintah Provinsi untuk membangun terminal tersebut," kata dia.

Pewarta: Eko Septianto Rasyim

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019