Kepolisian Resor Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memaksimalkan pengamanan Kota Sungailiat untuk mencegah terjadinya tindak pelanggaran hukum.

"Kami maksimalkan pengamanan Kota Sungailiat dengan menggelar kegiatan patroli di sejumlah tempat untuk mencegah pelanggaran hukum," kata Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono melalui Kabag Ops AKP Faisal Fatsey di Sungailiat, Selasa.

Menurut dia, patroli yang diagendakan pada malam hari dengan waktu yang ditentukan merupakan program kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (K2YD) dengan menyasar sejumlah tempat seperti tempat hiburan malam, tempat tongkrongan, dan penginapan.

"Seperti patroli yang kami lakukan beberapa hari lalu yang mendapati pasangan tanpa status resmi di salah satu hotel dan pemeriksaan pengguna kendaraan liar," katanya.

Kegiatan pengamanan kota yang melibatkan sejumlah personel polisi, kata dia, lebih mengedepankan tindakan preemtif atau tindakan pencegahan seperti memberikan pemahaman bagi muda mudi yang nongkrong di pinggir jalan agar tidak melakukan tindak pelanggaran seperti menggunakan narkotika.

"Peran masyarakat diperlukan untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kondisi keamanan dan ketertiban lingkungan," katanya.

Ia mengatakan kepala lingkungan atau setingkat Ketua RW dan RT, juga berperan mendata warga pendatang di wilayahnya untuk dilaporkan kembali ke tingkat di atasnya.

"Pengamanan kota tetap rutin kami lakukan setiap saat guna memberikan keamanan dan ketertiban masyarakat umum," ujarnya.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019