Khalifah H Irfansyah (50) diangkat sebagai Tuan Guru Babussalam yang baru menggantikan Syeikh H Hasyim Al Sarwani, yang wafat pada 16 November 2019.

Pemilihan Khalifah H Irfansyah itu dilakukan dalam musyawarah "dzuriyat" (keturunan) Syeikh H Abdul Wahab Rokan Alkholidi Naqsabandi di kampung tariqat Babussalam, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Minggu (1/12) malam.

Khalifah Irfansyah merupakan adik amarhum Syekih Hasyim Al Sarwani dan keduanya adalah anak dari Syeikh Mu'im Al Wahab Rokan.

Musyawarah itu diikuti perwakilan (furuq) keturunan Syeikh H Abdul Wahab Rokan Alkholidi Naqsabandi, seperti Asro Kamal Rokan dan Abdul Khair (Furuq Syekh Yahya Affandi Al Wahab), Najib Effendi (Furuq Syekh Harun Al Wahab), dan Nawawi (Syekh Abdul Jabar Al Wahab).

Kemudian, Ismail Amar (Syekh Faqih Tuah Al Wahab), KH Syafrudin (Syekh Nashurdin Al Wahab), Fauzi Thaher (Hj Kombang Al Wahab), Jamik Amnur (Hj Rogaiyah Al Wahab), dan Athardin Djunaedi (Aisyah Al Wahab).

Kholifah Irfansyah menyampaikan apresiasinya karena dipercaya untuk memimpin tariqat yang pengikutnya tersebar di Asia Tenggara tersebut.

"Terima kasih atas amanah yang diberikan kepada saya untuk melanjutkan Tareqat Naqsabandiyah, yang dibangun Syekh Abdul Wahab Rokan. Saya mengajak seluruh zuriat untuk bersama-sama membangun Babussalam lebih baik," ujar Kholifah Irfansyah usai pengumuman terpilihnya sebagai Tuan Guru Besilam yang baru.

Sebelum ditetapkan, dzuriyat Syeikh Abdul Wahab Rokan Alkholidi Naqsabandi mengusulkan delapan nama ulama yang akan memimpin Tariqat Naqsabandi.

Kedelapan nama itu adalah Kholifah Irfansyah, Kholifah Mahlil, Syekh Ismail Royan, Khudri Kamil, Zikmal Fuad, Syekh Wan Nurdin, M Yoqdum, dan Rustam Effendi.

Dari sekian nama yang diusulkan, ada dua ulama yang tidak bersedia untuk dicalonkan. Setelah dilakukan musyawarah, disepakati untuk memilih Khalifah Irfansyah menjadi Tuan Guru Babussalam yang baru.

Salah seorang ulama Tariqat Naqsabandiyah, Syekh Ismail Royan menyebutkan, proses pemilihan sangat baik dan membuahkan hasil yang baik. 

"Ini bisa terjadi karena semua calon bersikap ikhlas dan mengutamakan adab Tariqat Naqsabandiyah," ujarnya.

Pelantikan Tuan Guru Khalifah Irfansyah direncanakan pada Jumat (6/12) sesuai ketentuan Tareqat Naqsabandiyah.

Pewarta: Irwan Arfa (Rilis)

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019