Muntok (Antara  Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menggelar lomba karya website antarsekolah sebagai upaya meningkatkan penguasaan teknologi informasi bagi pelajar di daerah itu agar mampu bersaing di era modern yang terus berkembang.

"Kami harapkan lomba antarsekolah tingkat atas yang terdiri dari SMA, SMK, dan MA ini mampu meningkatkan kepedulian dan kreativitas lembaga pendidikan dan siswanya akan teknologi informasi dalam hal internet sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah," ujar Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dinas Hubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat Henry Firsanto di Muntok, Selasa.

Ia menjelaskan pendaftaran lomba yang dibuka sejak awal Juni 2014 tersebut berhasil menjaring 11 peserta dari 11 sekolah menengah tingkat atas di daerah itu, sedangkan seluruh peserta akan mengikuti presentasi karya pada Kamis (21/8) di ruang OR I Pemkab Bangka Barat.

Ia menjelaskan pembuatan website sekolah penting untuk mengembangkan kreativitas siswa dalam bidang teknologi informasi karena ke depan, dunia kerja akan membutuhkan kreator yang mampu bersaing dalam berbagai bidang.

"Pada lomba tersebut kami juga akan mendatangkan narasumber sekaligus juri yang berkompeten dalam bidang tersebut, yaitu dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, dalam hal ini akan diwakili Kepala Seksi Penerapan Model Informatika Masyarakat Perkotaan Menhariq Noor, Kepala Seksi Telematika dan Konten Diskominfo Babel Erman Arif, dan seorang  konsultan IT dari salah satu TV swasta nasional, Iqbal Maulana," kata dia.

Ia menjelaskan lomba tersebut salah satu bentuk apresiasi kepada sekolah yang selama ini telah ikut memajukan dunia pendidikan, khususnya dalam pengembangan teknologi informasi di sekolah masing-masing.

Selain itu, kata dia, melalui lomba tersebut, para pelajar mampu mengikuti perkembangan teknologi yang semakin hari semakin menjadi salah satu kebutuhan masyarakat dari berbagai kalangan, karena internet memiliki fungsi beragam, seperti media informasi, media komunikasi, dan media sosial yang selalu berkembang dengan cepat.

"Teknologi berbasis komputer merupakan salah satu media yang cukup efektif dalam mengelola berbagai informasi dari sekolah, dan penggunaannya juga mulai meningkat. Untuk itu kami harapkan para pelajar bisa menguasainya dan mengembangkan teknologi tersebut secara kreatif agar minimal bisa menginformasikan berbagai data dan berita dari sekolah masing-masing," kata dia.

Ia mengatakan melalui media internet, sekolah bisa mempromosikan potensi yang dimilikinya ke masyarakat yang lebih luas dan bisa juga teknologi tersebut sebagai media dalam proses belajar mengajar yang lebih efektif dan efisien.

"Kami laksanakan lomba ini dalam empat tahapan, yaitu tahap pendaftaran, penyisihan dan penilaian, seminar, dan terakhir tahapan presentasi dari lima peserta terbaik kepada tim juri," kata dia.

Ia mengharapkan pada masa mendatang para pelajar di daerah itu semakin kreatif dalam mengelola website dan minimal bisa mengenalkan berbagai kegiatan yang dilaksanakan sekolah secara cepat dan akurat, sekaligus memotivasi para siswa menekuni bidang teknologi informasi.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014