Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar pemilihan Pemuda Pelopor 2014 guna mewujudkan kemandirian pemuda yang berkarakter dan berdaya saing untuk mengangkat harkat martabat bangsa dan negara.

"Bagi yang masuk kriteria sebagai pemuda pelopor tingkat provinsi akan kembali diikutsertakan di tingkat nasional," ujar Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Babel, Arhandis di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan, proses pemilihan dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi sampai tingkat nasional melalui proses seleksi.

"Kepeloporan tahun ini meliputi lima bidang yaitu pendidikan, sosial budaya dan pariwisata, pengelolaan sumber daya alam, pangan, komunikasi dan informasi," ujarnya.

Ia menjelaskan, kesempatan tersebut terbuka untuk umum dengan syarat usia produktif yaitu 16 hingga 30 tahun.

"Pendaftaran seleksi tingkat provinsi dimulai 1 Juni hingga 31 Agustus 2014 dan peserta yang berkompeten akan diikutsertakan ke tingkat nasional pada ajang Sumpah Pemuda di Yohyakarta pada 28 Oktober 2014," ujarnya.

Pemilihan pemuda pelopor itu dilaksanakan secara terbuka dan dapat dicalonkan oleh masyarakat luas, antara lain organisasi pemuda, organisasi masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, lembaga pemerintah, pers dan lainnya.

"Sosialisasi pemilihan diumumkan secara terbuka melalui instansi pemerintahan, media massa, organisasi kepemudaan dan lembaga swadaya masyarakat," ujarnya.

Ia berharap ajang pemuda pelopor tersebut mampu memotivasi pemuda yang ada di Babel untuk kreatif dan inovatif.

"Semoga kegiatan ini berdampak positif sehingga dapat mewujudkan pemuda harapan bangsa," ujarnya.

Pewarta: Oleh Septi Artiana

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014