Pemerintah desa di seluruh Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, didorong untuk menertibkan arsip pemerintahannya guna mewujudkan program tertib arsip nasional.

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bangka, Murmahudi di Sungailiat, Jumat mengatakan, dokumen kearsipan bagi pemerintah desa diperlukan selain untuk menertibkan dokumen juga mendukung program tertib arsip nasional yang dicanangkan pemerintah.

"Ketertiban dokumen arsip bagi organisasi pemerintah diperlukan mengingat dokumen tersebut kadang masih diperlukan untuk berbagai urusan," jelasnya.

Munculnya suatu persoalan kata dia, dapat disebabkan oleh kurang lengkapnya dokumen pendukung atau arsip kegiatan yang barangkali lalai untuk disimpan.

"Saya pernah mendapatkan aduaan dari salah satu kepala desa terpilih tetapi arsip dari kepala desa sebelumnya tidak ada
," katanya.

Dia mengatakan, hal seperti ini seharusnya tidak terjadi disuatu organisasi pemerintah karena kegiatan tersebut harus dipertanggungjawabkan dengan kelengkapan dokumen.

"Secara bertahap kearsipan diseluruh lembaga pemerintah akan ditertibkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku," jelasnya.

Menurutnya, ada sejumlah arsip pemerintah dengan masa tertentu harus dimusnahkan tetapi terdapat pula arsip yang memang harus disimpan dengan baik.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019