Pangkalpinang (Antara Babel) - Peserta pawai baris berbaris dinilai tampil maksimal pada peringatan HUT RI ke-69 yang digelar Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kota Pangkalpinang, Rabu.

"Tahun ini penampilan peserta lebih baik karena siswa bisa latihan maksimal," ujar koordinator pawai dari SD Negeri 2 Baturusa, Kabupaten Bangka, Suherli.

Selain itu, menurut dia, maksimalnya penampilan peserta juga karena para wali murid sangat mendukung demi menyukseskan penampilan siswa.

"Setiap tahun seragam yang dikenakan selalu berubah-ubah dengan model yang berbeda untuk menyemarakkan penampilan siswa pada peringatan HUT RI," ujarnya.

Ia menjelaskan, siswa yang ikut dari SD itu sebanyak 31 orang dari satu regu yang terdiri dari siswa kelas empat hingga kelas enam.

"Partisipasi kita mengikuti pawai ini tidak hanya untuk mengejar nilai untuk menang atau kalah, namun lebih kepada keinginan sekolah untuk meningkatkan rasa semangat dan nasionalisme siswa sejak dini karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai perjuangan pahlawannya" ujarnya.

Hal yang sama juga ditampilkan peserta dari Kota Pangkalpinang, yakni SMA Negeri 4.

Menurut koordinatornya, Fitri, persiapan yang dilakukan fokus pada latihan fisik dan penggunaan seragam yang menarik.

Ia mengatakan, jadwal latihan sebagai persiapan dilakukan setiap hari yaitu dari pukul 07.30 sampai 09.00 WIB dan setelah itu siswa meneruskan proses belajar mengajar.

Kemudian dilanjutkan pada sore hari dari pukul 16.00 sampai 17.30 WIB, ujarnya.

Pewarta: Oleh Septi Artiana

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014