Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan menaikkan insentif anggota Linmas, agar sebanding dengan tugas yang mereka emban seperti selama ini.

"Tugas dan fungsi Linmas itu sangat penting dalam tatanan pemerintahan, terutama mengayomi dan menjaga situasi yang kondusif di perdesaan," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Minggu.

Dengan demikian, kata dia, tugas dan tanggung jawab yang diemban para Linmas harus berbanding lurus dengan insentif yang mereka terima.

"Namun demikian, menaikkan insentif para anggota Linmas harus kami bicarakan terlebih dahulu dengan dinas terkait dan diusulkan untuk dimasukkan ke dalam mata anggaran," ujarnya.

Ia mengatakan, sejatinya Linmas memiliki keterampilan dan ketangkasan baik secara fisik maupun mental sehingga mampu menjadi garda terdepan dalam melindungi dan mengayomi masyarakat.

"Selama ini Linmas dianggap ada dan tiada, karena mereka hanya dibutuhkan disaat kegiatan keramaian yang ada di wilayah kecamatan," ujarnya.

Justeru itu, ke depan, kata dia tugas dan fungsi Linmas harus diperluas sehingga keberadaannya benar-benar dirasakan masyarakat.

"Linmas itu bagian dari unsur masyarakat, mereka secara emosional tentu memiliki rasa tanggungjawab yang tinggi dalam melindungi masyarakat," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019