Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung berupaya memacu kreativitas pelajar dalam mengembangkan website sekolah masing-masing melalui lomba.

"Kami berharap lomba ini bisa memberikan motivasi kepada para siswa dan sekolah untuk meningkatkan pengembangan websitenya sehingga bisa membantu sekolah menyebarkan informasi kegiatan ke masyarakat," ujar Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Pemkab Bangka Barat, Ridwan di Muntok, Kamis.

Hal ini dikatakan Ridwan dalam sambutan pada pembukaan lomba website antarsekolah yang diselenggarakan Bidang Komunikasi dan Informatika Dinas Hubparbudinfo Kabupaten setempat yang digelar di Ruang Operasional I Pemkab Bangka Barat.

Ridwan mengatakan, digelarnya lomba yang akan dilaksanakan setiap tahun ini diharapkan bisa menjadi sarana merancang kreativitas siswa sekaligus mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah.

"Kami berharap agar media internet digunakan untuk hal-hal positif, seperti untuk membuat website, mencari informasi positif dan bersosialisasi dengan tetap mengedepankan norma sosial dan nilai agama," kata dia.

Ia mengharapkan ke depan lomba sejenis tidak hanya untuk kalangan pelajar sekolah menengah tingkat atas (SMA) sederajat, namun juga memfasilitasi pelajar tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama.

"Kami juga memberikan apresiasi kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika yang telah sudi hadir berbagi informasi dengan daerah, kami harapkan kerja sama seperti ini tterus berlanjut dan berkembang demi kemajuan pembangunan daerah," kata dia.

Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika Dihubparbudinfo Kabupaten Bangka Barat, Henry Firsanto mengharapkan kepada seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan lomba itu untuk menimba ilmu dari para nara sumber sehingga kemampuan dalam mengelola website semakin meningkat.

"Kami harapkan para peserta bisa menyerap lebih banyak materi yang diberikan para narasumber sehingga semakin terampil dalam mengelola website sekolah masing-masing dan bukan tidak mungkin hal ini akan menjadi bekal mereka ke depan dalam menghadapi persaingan global," kata dia.

Pada lomba kali ini diikuti perwakilan 11 SMA/SMK/MA dan pihaknya berhasil menjaring lima sekolah terbaik yang terdiri dari website SMA Negeri I Muntok, SMK Negeri I Muntok, SMK Muhamaddiyah Mluntok, SMK Negeri Parittiga dan SMK Negeri Kelapa.

Lomba pada hari ini memasuki tahapan persentasi karya dihadapan juri yang terdiri dari Erik dari Kemeneterian Komunikasi dan Infromatika, Iqbal Praktisi dari Metro TV, dan Erman Arif dari Diskominfo Provinsi Babel yang dilakukan lima peserta terbaik untuk menentukan pemenang lomba.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014