Pangkalpinang (Antara Babel) - Jumlah peserta karnaval di Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2014 mengalami peningkatan hingga 40 persen dengan jumlah peserta sebanyak 185 regu.

"Peningkatan jumlah peserta tersebut dikarenakan adanya perwakilan dari kabupaten lain. Untuk tahun lalu jumlah peserta karnaval kurang lebih sebanyak 115 regu yaitu dari Kota Pangkalpinang saja," kata Koordinator Lapangan dan Juri Karnaval pembangunan Provinsi Babel 2014, Padli, Kamis.  
    
Ia menyebutkan, pelaksanaan karnaval tahun ini sengaja diundur supaya tidak berbenturan dengan pelaksanaan yang ada di kabupaten lain, sehingga mereka bisa mengirimkan perwakilannya dalam memeriahkan kegiatan ini
    
Selain itu, meningkatnya jumalah peserta tersebut juga dikarenakan informasi yang disampaikan lebih awal baik melalui media maupun surat edaran secara langsung.

"Peningkatan peserta pawai juga dikarenakan hadiah yang disediakan oleh juri. Selain mendapat piala dan piagam penghargaan, juara 1 juga akan mendapatkan tambahan uang pembinaan," ujarnya.

Ia mengatakan, untuk tahun ini, panitia pelaksana kegiatan menambah uang pembinaan dengan total Rp85 juta untuk 26 kategori dari pawai, karnaval dan kendaraan hias.

"Untuk penilaian, panitia melihat dari tiga kriteria yaitu dari segi bentuk atau corak yang meliputi kasar halus pembuatannya, kesesuian tema dengan isi yang ditampilkan, kreasi seni yang ditampilkan dan kekompakan," katanya.

Dikatakannya, bagi pemenang kegiatan ini bisa mengambilkan hadiahnya pada 28 Agustus mendatang. Hadiah tersebut bisa diambil langsung di Kantor Gubernur lantai tiga.

"Pemenang yang akan dipilih hingga lima peserta yaitu juara I, juara II, juara III, harapan I dan harapan II. Bagi semua pemenang, diharapkan hadir untuk mengambil hadiah tersebut mulai pukul 09.00 WIB," katanya.

Pewarta: Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014