Jajaran TNI AL dan Polda Kepulauan Bangka Belitung menyatakan sikap siap mensupport Pemprov Babel melakukan penertiban pemakaian jaring trawl di perairan Kecamatan Lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan.

Danlanal Bangka Belitung, Letkol Laut (P) Dudik Kuswoyo di Toboali, Rabu mengatakan dengan alutista yang ada KRI dan KAL yang ada di Pangkalbalam dan Sadai siap untuk mendukung kebijakan yang telah dikeluarkan oleh Gubernur.

"Pada intinya alutista seperti KAL Manau, KAL Belinyu, KAL Bakau dan ada tiga lainnya serta personel siap mendukung kebijakan Gubernur," kata dia.

Ia mengatakan sangat mendukung kebijakan gubernur yang melibatkan masyarakat nelayan setempat untuk ikut dalam operasi penertiban jaring trawl di Perairan Kecamatan Lepar Pongok Kabupaten Bangka Selatan.

"Saya sangat mendukung masyarakat yang ikut kegiatan agar tahu pola operasi aparat. Jangan sampai kita sudah capek capek dilapangan sampai malam ternyata tidak ditemukan pelanggaran dan kita sampaikan masyarakat tidak percaya dengan ikut diharapkan dapat mengantisipasi hal tersebut," kata dia.

Wadir Dit Polair Polda Kepulauan Bangka Belitung, AKBP Irwan Nasution mengatakan pihaknya sangat mendukung gubernur dengan wacana pembuatan pos sementara di Tanjung Sangkar dengan kekuatan, DKP, TNI AL, Dit Polair dan masyarakat, karena hal ini merupakan solusi terbaik untuk saat ini.

"Saya rasa kebijakan yang dikeluarkan Gubernur adalah win-win solution terkait penyelesaian permasalahan tersebut," kata dia.

Ia mengatakan Dit Polair Polda Kepulauan Bangka Belitung sangat mendukung kebijakan ini dan akan mengerahkan personel dan armada untuk ikut serta dalam kegiatan operasi penertiban.

"Dalam tim ini kami akan kerahkan sepuluh personel dan dua kapal patroli untuk bergabung dalam operasi penertiban jaring trawl di Perairan Kecamatan Kepulauan Pongok," kata dia.

Kapolres Bangka Selatan, AKBP Ferdinad Suwarji mengatakan sangat mendukung dan siap bersinergi selama pelaksanaan operasi penertiban berlangsung.

"Polres Basel sangat mendukung hasil pertemuan dengan nelayan dan bentuk dukungan polres adalah mensiagakan personel  di desa bekerjasama dengan tim proponsi, Dit Polair dan tim lainnya," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019