Satbinmas Polres Bangka, Polda Kepulauan Bangka Belitung menggelar kegiatan pelatihan dan peningkatan peran Perlindungan Masyarakat (Linmas) dalam penanganan keamanan dan ketertiban  di Desa Pemali.

Kapolres Bangka AKBP Aris Sulistyono melalui Kasat Binmas AKP Agus Widodo, melalui pesan singkatnya, Kamis mengatakan bahwa kegiatan tersebut untuk memberikan pemahaman bagi satuan tugas Linmas sesuai Permendagri nomor 84/2014.

"Dimana tugas dan fungsi Linmas sesuai aturan itu adalah  membantu menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat," katanya.

Dikatakan, tugas Linmas tentunya sangat mulia yang dibebankan pada warga masyarakat yang secara sukarela dan ikhlas menjadi anggota linmas di lingkungan tempat tinggalnya supaya masyarakat merasa aman, tentram dan tertib.

"Kita sebagai anggota Polri berkewajiban memberikan pelatihan dan ketrampilan tugas-tugas Polri meskipun pelatihan yang diberikan cukup terbatas hanya sejumlah materi PBB, Pengaturan lalu lintas, penggeledahan dan cara membawa tahanan," katanya.

Dia mengatakan, dalam mengatasi masalah keamanan bukan hanya untuk di wilayah setempat, tetapi harus dilakukan dilakukan keamanan yang sama di wilayah kecamatan lainnya.

Pemateri menyampaikan pembahasan materi pokok tentang pengertian linmas, tanggung jawab linmas, tugas pokok linmas, fungsi linmas, peranan linmas, syarat dan ketrampilan linmas serta kedisiplinan dan kewaspadaan.

Kegiatan pelatihan di pusatkan di balai kantor Desa Pemali, Kecamatan Pemali dengan diikuti oleh puluhan peserta.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019