Satuan Polisi Perairan Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggiatkan patroli di wilayah perairan untuk menutup ruang gerak kemungkinan terjadinya pelanggaran hukum di wilayah perairan.

"Patroli tidak hanya dilakukan siang hari, namun juga pada malam hari agar masyarakat yang beraktivitas di perairan merasa aman dan nyaman," kata Kepala Satpolair Polres Bangka Barat Iptu Ferry Gunadi di Mentok, Jumat.

Menurut dia, patroli di wilayah perairan menggunakan kapal patroli milik Polres Bangka Barat merupakan salah satu upaya mengurangi kemungkinan terjadinya tindak kriminal maupun pelanggaran hukum lain.

"Perairan sekitar Mentok dan pelabuhan lama menjadi prioritas patroli karena di wilayah tersebut sering kali ada aktivitas malam yang dilakukan masyarakat," ujarnya.

Menurut dia, di ujung barat Pulau Bangka terdapat dua pelabuhan besar, yaitu Pelabuhan ASDP Tanjungkalian dan Pelabuhan Ikan yang berada di dekat pusat keramaian.

Di lokasi itu dinilai cukup rawan terjadi berbagai tindak pelanggaran hukum karena aktivitas warga berlangsung sepanjang hari, siang dan malam.

"Bongkar muat barang dan penumpang cukup ramai sehingga membutuhkan pengamanan ketat agar masyarakat merasa aman, tertib dan nyaman," katanya.

Selain melakukan pengamanan di wilayah perairan, personel juga melaksanakan pemeriksaan berbagai barang bawaan penumpang di pelabuhan itu.

Kegiatan itu sebagai antisipasi kemungkinan masuknya berbagai barang ilegal dan pencegahan peredaran narkoba melalui jalur laut.

"Kami berharap kegiatan yang dilakukan bisa menciptakan situasi kondusif dan memberikan rasa nyaman kepada masyarakat," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019