Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi H Saat menyesalkan kurangnya partisipasi pihak swasta dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI di daerah itu.

"Padahal, partisipasi dari pihak swasta sangat kami harapkan dalam memeriahkan 'event' tersebut agar berlangsung lebih meriah," katanya di Sungailiat, Sabtu, menyusul rendahnya partisipasi pihak swasta dalam kegiatan tahunan yang dibuka beberapa waktu lalu di Taman Hiburan Rakyat (THR) Batin Tikal.  
     
Dikatakan, keberadaan pihak swasta seperti perhotelan yang cukup tersebar di daerah ini memberi kontribusi yang besar dalam memajukan sektor pariwisata khususnya dan pembangunan secara umum.      
     
Namun sayangnya, kata orang nomor satu di Kabupaten Bangka ini, kurang aktifnya Hotel Parai dan Hotel Tanjung Pesona dengan tidak mengirimkan wakilnya untuk ikut dalam kegiatan pawai dan karnaval meski sangat diharapkan partisipasinya dalam kegiatan yang digelar setahun sekali ini.

"Sebab, keberadaan pihak swasta yang sudah ada kami harapkan juga mampu menarik investor lainnya untuk menanamkan modalnya di daerah ini sehingga dampak investasi pihak swasta juga mampu memberikan efek lapangan kerja. Sehingga pada akhirnya kontribusi pihak swasta tidak bisa dilepaskan dalam memajukan bangsa ini," katanya
    
Selain pihak swasta, menurut Tarmizi, perusahaan swasta dan instansi lainnya juga sangat diharapkan komitmennya untuk berperan serta dalam mengisi kegiatan dan pembangunan di Kabupaten Bangka. Kalau sumbangsih dan perannya semakin banyak dalam kegiatan tersebut, maka pemda dan masyarakat pun akan merasakan kontribusinya dalam mengangkat daerah ini agar menjadi lebih maju.      
     
"Boleh- boleh saja perusahaan memikirkan bisnis dan untungnya, tapi hendaknya juga tidak mengabaikan partisipasinya dengan memberikan komitmen yang nyata untuk juga mendukung setiap kegiatan pemda Bangka," kata Tarmizi.

Kendati demikian, dia mengatakan pelaksanaan pawai dan karnaval dalam rangka HUT ke-69 Kemerdekaan RI di Kabupaten Bangka berjalan aman, lancar dan meriah sehingga mampu menarik perhatian masyarakat untuk menyaksikan.  
      
"Untuk itu, saya mengimbau agar pihak swasta dan instansi lainnya juga diundang bukan hanya SKPD saja yang turut serta memeriahkan kegiatan ini. Kalau mereka tidak ikut serta mungkin ada sebabnya namun Saya tidak tahu di mana letak salahnya. Harapan saya kalau pihak swasta diundang tentu dapat berpartisipasi untuk kembali ikut pada tahun depan," ujarnya.

Pewarta: Oleh: Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014