Pemerintah Kabupaten Bangka Barat bertekad membangun kawasan taman bumi, yang ditargetkan bisa menjadi sarana konservasi, edukasi, dan pengungkit ekonomi warga.

Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat M. Effendi di Mentok, Kamis, mengatakan bahwa sebagai langkah awal untuk mewujudkan pembangunan taman bumi tersebut, Bupati Bangka Barat sudah mengeluarkan Surat Keputusan dan Badan Pengelola Geopark Bangka Barat sudah dibentuk.

Pemerintah Kabupaten pada Kamis membahas rencana pembangunan taman bumi itu bersama dengan para pemangku kepentingan terkait di Kantor Bupati Bangka Barat.

Saat membuka rapat, Effendi yang menjabat sebagai Ketua Badan Pengelola Geopark Bangka Barat menyampaikan langkah-langkah strategis yang harus segera dilakukan untuk mempercepat pembangunan taman bumi, termasuk membuat rencana pembangunan matang serta menyinergikan dinas dan pemangku kepentingan terkait.

"Kebersamaan ini bukan tanpa maksud dan tujuan, komitmen kita merupakan prinsip utama untuk melakukan perencanaan, persiapan, dan pengembangan Geopark Bangka Barat dalam menjaga warisan bumi untuk kesejahteraan masyarakat sepenuhnya," katanya.

"Muara pengembangan geopark ini adalah kesejahteraan masyarakat, mulai dari edukasi, konservasi dan pengembangan ekonomi berkelanjutan di wilayah sekitar," ia menambahkan.

Ia menjelaskan, situs geologi, beragam flora dan fauna, serta beraneka budaya dan sejarah Bangka Barat merupakan modal untuk membangun kawasan taman bumi.

Rapat mengenai rencana pembangunan kawasan taman bumi dihadiri oleh perwakilan dari Polres Bangka Barat, Kodim 043, Kejaksaan Negeri Bangka Barat, pengurus Badan Pengelola Geopark Bangka Barat, serta perwakilan organisasi perangkat daerah Bangka Barat.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019