Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan jumlah sarana dan layanan transportasi angkutan Natal dan Tahun Baru 2020 memadai, sehingga masyarakat tidak perlu kuatir akan terjadi penumpukan di terminal, pelabuhan dan bandara.

"Tidak ada masalah untuk transportasi, termasuk kesiapan pelayanan bandara, pelabuhan dan terminal selama liburan Natal dan Tahun Baru 2020," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel, KA Tajuddin di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan jumlah maskapai yang beroperasi di Bandara Depati Amir sebanyak enam maskapai dengan 29 kali penerbangan. Pada periode Nataru 2019/2020 akan ada tambahan satu kali penerbangan dari maskapai nasional.

Sementara itu, jumlah kapal penumpang di Pelabuhan Tanjung Kalian Bangka Barat yang disiagakan sebanyak 10 unit kapal ro-ro, satu unit kapal cepat, Pelabuhan Pangkalbalam lima unit ro-ro dan satu unit kapal cepat.

"Kita sudah menyiagakan ratusan bus untuk mengantisipasi lonjakan calon penumpang selama liburan Natal dan tahun baru ini," ujarnya.

Menurut dia calon penumpang selama liburan Natal dan tahun baru ini diprediksi mencapai 119.492 pax atau terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar empat persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Meski ada peningkatan calon penumpang,namun kita pastikan ketersediaan moda transportasi darat,laut dan udara memadai untuk melayani masyarakat yang merayakan atau liburan Natal dan tahun baru ini," katanya.

Ia mengimbau maskapai penerbangan, perusahaan pelayaran dan angkutan darat untuk tidak menaikkan tarif tiket yang akan memberatkan ekonomi masyarakat.

"Kenaikan harga tiket ini jelas akan mempengaruhi kunjungan wisatawan untuk berlibur Natal dan tahun baru ke daerah ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019