Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, kembali membangkitkan olahraga dan permainan tradisional yang sudah mulai hilang terkikis zaman, melalui kegiatan-kegaitan dalam rangka HUT RI ke-69.


"Melalui Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-69 dan Hari Olahraga, akan diperlombakan berbagai olahraga tradisional dalam rangka menghidupkan kembali warisan peninggalan leluhur," kata panitia pelaksana HUT RI Kabupaten Bangka, Arman Agus, Rabu.


Ia mengatakan, olahraga tradisional yang akan dilombakan antara lain engrang, sembilun, tarik tambang, balap karung, bakiak dan panjat pinang.


"Kami harapkan melalui lomba ini, berbagai olahraga dan permainan tradisional semakin dikenal masyarakat terutama kalangan pemuda," ujarnya.


Ia juga mengharapkan, melalui moment HUT RI ini olahraga dan permainan tradisional akan makin dikenal dan menjadi olahraga yang unik.


"Melalui olahraga tradisional akan menjadi kekayaan kearifan lokal yang akan memberi semangat kebersamaan," ujarnya.


Tidak hanya kebersamaan, lanjut Arman,  olahraga tradisonal juga mengandung nilai-nilai keuletan, ketelitian, fokus dalam mencapai tujuan, serta kekompakan, keberanian dan jiwa sportivitas.


Ia mengatakan, perlombaan ini akan diselenggarakan pada Jumat (29/8) dan Sabtu (30/8)  yang akan datang yang dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Bangka dan Taman Hiburan Rakyat (THR) Batin Tikal.


"Perlombaan ini akan mengikutsertakan berbagai SKPD dan instansi vertikal yang ada di Kabupaten Bangka dan juga masyarakat umum," katanya.


Lebih lanjut ia mengatakan, untuk pendaftaran peserta dapat  menghubungi Kantor Dispora Kabupaten atau panitia HUT RI di Bagian Kemasyarakatan Kantor Bupati Bangka

Pewarta: Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014