PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Kepulauan Bangka Belitung melakukan kegiatan ram check kendaraan angkutan umum di terminal Girimaya Pangkalpinang.

"Kegiatan ini rutin kita lakukan dalam rangka pengamanan angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020," kata Kepala Cabang Jasa Raharja Kepulauan Bangka Belitung, Agus Doto Pitono, di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan, kegiatan ram check dilakukan bersama Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Polda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, guna memastikan kendaraan umum yang ditumpangi masyarakat dalam keadaan layak.

"Masalah lalu lintas sangat penting. Kegiatan ram check kita lakukan untuk memastikan keselamatan para penumpang kendaraan umum," ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan melibatkan Ditlantas Polda Kepulauan Bangka Belitung, Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL-PP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Badan Narkotika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Dinas Perhubungan Kota Pangkalpinang.

Dalam kegiatan ram check ini juga dimaksudkan untuk memeriksa langsung laik jalan kendaraan bus. Pemeriksaan dilakukan oleh Tim Penguji Kendaraan Bermotor (PKB) dari pemeriksaan Administrasi seperti kelengkapan surat-surat kendaraan (SIM, STNK, Buku KIR, izin trayek (kartu pengawasan).

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan fisik, seperti pemeriksaan rem, ban, pemeriksaan fungsi penerangan, lampu utama, sein, tie road, termasuk suspensi lainnya.

"Dengan pelaksanaan pemeriksaan ini pelayanan pengangkutan penumpang pada saat arus mudik dan arus balik dapat terlayani dengan baik serta terjaminnya keselamatan penumpang dan awak kendaraannya," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019