Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Tarmizi Saat meminta pengembangan seni kerajinan berbasis warisan budaya daerah guna meningkatkan daya saing produk kerajinan sekaligus meningkatkan kesejahteraan para perajin.

"Pengembangan seni kerajinan berbasis warisan budaya merupakan perwujudan keanekaragaman etnik yang ada di Kabupaten Bangka sekaligus demi berkembangnya ekonomi kreatif masyarakat," kata bupati di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bangka selaku pembina sektor kerajinan penting dalam mengembangkan ekonomi kreatif.

"Sinergitas antara pemerintah dengan Dekranasda diperlukan sebagai wadah pembinaan produk kerajinan daerah, pembinaan dan pengembangan seni kerajinan yang akan menjadi ciri khas Kabupaten Bangka," katanya.

Ia berharap dalam pengembangan seni kerajinan tersebut dapat membangun Bangka, berkarya, berkreasi guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Mudah-mudahan ke depannya bukan hanya pesona wisata pantai saja yang menjadi ciri khas Bangka tetapi juga kuliner, kerajinan dan kesenian-kesenian daerah," kata bupati.

Ia mengatakan, makanan-makanan di Bangka untuk saat ini kurang variasinya dan diharapkan mempunyai koki yang handal sehingga lebih beragam. Juga akan disiapkan panggung-panggung untuk pekerja seni yang menampilkan kesenian khas Bangka.

"Ke depannya wisatawan-wisatawan yang datang ke Bangka tidak hanya menikmati keindahan pantai saja tetapi ada kesan lain yang didapat setelah mereka pulang ke daerah asalnya," katanya.

Kekayaan dalam bentuk kearifan tradisi seni dan budaya, sambung bupati, tidak boleh punah dan bertahap hilang melainkan harus dilestarikan dan dikembangkan.

"Maka dari itulah pentingnya menghidupkan warisan budaya dan kearifan lokal dalam konteks pengembangan ekonomi kreatif berbasis seni dan budaya," katanya.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014