DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meminta Pemerintah Daerah setempat untuk mendata titik-titik rawan bencana terutama di musim penghujan seperti saat ini.

"Sebagai perwakilan masyarakat saya mengingatkan pemerintah memiliki data titik rawan bencana, khususnya banjir ketika memasuki musim penghujan seperti ini," kata Anggota DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Wendy di Toboali, Sabtu.

Menurut dia, dengan memiliki data lokasi yang menjadi titik rawan banjir, setidaknya pemda dapat membuat perencanaan bagaimana untuk mengantisipasi jika bencana tersebut melanda.

"Data titik rawan bencana itu penting, karena dapat menjadi data pendukung dalam membuat perencanaan untuk pola antisipasi dan penanganan banjir tersebut," kata dia.

Selain, itu pihaknya juga meminta agar pemerintah daerah segera menganggarkan OPD yang khusus menangani bencana, agar dapat bergerak cepat dalam upaya penanganan saat terjadi dan paska bencana.

"Seharusnya kita menganggarkan pencegahan bencana sebelum bencana itu terjadi dan akan lebih maksimal apabila ada OPD yang spesialisasi untuk penanganan bencana agar dapat optimal," kata dia.

Ia mengatakan jika permasalahan di anggaran segera sampaikan ke DPRD agar dapat dibahas untuk menjadi solusi.

"Jika itu demi kepentingan daerah segera sampaikan kepada kami dan tentu rekan rekan di DPRD tidak akan menghambat, namun tetap kita sesuaikan dengan komposisi APBD," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019