Harga sejumlah barang kebutuhan pokok di Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung jelang pergantian Tahun Baru 2020 masih relatif stabil.

"Sampai saat ini tidak ada lonjakan harga, semua masih stabil dan untuk persediaan bahan pokok masih aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat," kata Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Bangka Selatan Muhammad.

Ia mengatakan kendati harga masih dikategorikan stabil, namun ada beberapa komoditi bahan pokok yang mengalami kenaikan harga seperti bawang merah, minyak goreng kemasan sederhana dan gula pasir.

"Naiknya harga bawang merah ini disebabkan musim hujan, sehingga pasokan dari sentra produksi seperti brebes berkurang," kata dia.

Menurut dia, kendati ada kenaikan beberapa komoditi bahan pokok namun masih dikategorikan wajar karena tidak melebih Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Harga bawang merah berkisar Rp46.000 perkilogram, cabe merah kriting Rp45.000 perkilogram, cabe rawit lokal Rp65.000 perkilogram,  Gula pasir Rp13.000 perkilogram, minyak kemasan sederhana 1 liter Rp11.000 perkilogram ayam potong Rp32.000 perkilogram bersih," kata dia.

Sementara itu harga beras di Bangka Selatan tetap stabil, untuk beras medium cap sendok dibandrol Rp10.000 perkilogram dan beras premium dibandrol Rp13.000 perkilogram.

Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan, Suhadi mengatakan persediaan pangan di daerah itu cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di daerah itu hingga satu bulan kedepan.

"Stok kita masih aman dan diperkirakan cukup sampai satu bulan kedepan, sedangkan untuk harga tidak terlalu mengalami fluktuasi masih stabil dan wajar," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2019