Koba (Antara Babel) - Komite Nasional Pemuda Indonesia Bangka Tengah, Provinsi Bangka Belitung, menggelorakan semangat Proklamasi Kemerdekaan RI dan cinta tanah air dengan menggelar pawai obor di sepanjang jalan di ibu kota kabupaten itu di Koba.

Ketua KNPI Kabupaten Bangka Tengah, Palmulip di Koba, Kamis, mengatakan, kegiatan pawai obor dijadwalkan pada Jumat (29/8) malam diikuti para pelajar dan ratusan pemuda melakukan "long march" di sepanjang jalan setempat.

"Ini bentuk semangat kemerdekaan dan bela negara yang ingin kami lakukan. Pemuda memiliki peran terhadap kemerdekaan yang berdaulat," ujarnya.

Ia mengatakan, kegiatan pawai obor mendapat respon dari kalangan pemuda dan pelajar dan bahkan hingga sekarang sudah ratusan orang terdaftar untuk mengikuti kegiatan tersebut.

"Hingga hari terakhir pendaftaran pawai obor, Kamis, masih ada peserta yang ingin ikut ambil bagian. Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah," ujarnya.

Palmulip mengatakan, semangat para pemuda memiliki peran penting dalam menuju kemerdekaan dan mereka bersatu memberikan jiwa serta raganya demi menuju negara yang bedaulat.

"Sekarang setelah 69 tahun Indonesia merdeka, semangat pemuda masih tetap menggelora. Mereka memaknai arti kemerdekaan yang sesungguhnya yaitu dengan mengisi kemerdekaan dan memberikan kontribusi terhadap pembagunan daerah," ujarnya.

Ia mengatakan, dengan kegiatan pawai obor itu menggugah jiwa dan raga untuk terus bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pemuda mestinya menjadi barisan terdepan untuk menentukan masa depan bangsa. Ini yang harus terpatri dalam hati sanubari kalangan pemuda," katanya.

KNPI merupakan wadah pemuda untuk menyatukan tekad dan komitmen bersatu teguh demi bangsa dan tanah air.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014