Koba (Antara Babel) - Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, akan mengorbitkan atlet senam untuk bisa berprestasi di kejuaran tingkat daerah dan nasional.

"Sekarang ini kami sedang memantau bakat para pelajar di Bangka Tengah untuk diorbitkan menjadi atlet senam," kata Kepala Bidang Dikpora pada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangka Tengah, Win Iskandar di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, pelajar yang memiliki bakat senam akan dipantau dan diorbitkan melalui pengurus cabang olahraga (pengcab) agar lebih matang sehingga bisa beprestasi.

"Atlet senam di Bangka Tengah sampai sekarang belum ada, maka kami akan mencari bibitnya karena berpotensi mendulang banyak medali. Apalagi medali yang diperebutkan dari cabang senam cukup banyak," katanya.

Menurut dia, minimnya atlet senam di daerah itu karena terkendala susahnya mencari bakat dan minimnya fasilitas pendukung sehingga tidak muncul ke permukaan.

"Susahnya mencari atlet senam karena peminatnya kurang, selain itu fasilitas pendukungnya masih minim," ujarnya.

Namun demikian, pihaknya masih tetap opitimistis bisa mendapatkan atlet senam berprestasi dengan memantau ke seluruh sekolah yang ada di daerah itu.

"Mengenai fasilitas pendukung secara bertahap sudah kami siapkan, sejalan dengan pencarian bakat atletnya," ujarnya.

Menurut dia, Bangka Tengah justeru banyak melahirkan atlet pelajar dari cabang renang dan atletik yang sudah meraih prestasi di tingkat daerah dan nasional.

"Selama ini andalan daerah adalah atlet renang dan atletik, sementara atlet senam bisa dikatakan tidak ada. Mungkin faktor geografis daerah juga terhadap bakat dan kecenderungan pelajar," katanya.

Pewarta: Oleh Ahmadi

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014