Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung tahun ini membangun percontohan desa ramah anak yang diharapkan mampu memfasilitasi pemerintahan desa dalam menyediakan berbagai fasilitas, sarana dan prasarana tumbuh kembang anak.

"Pada 2014 akan kami rampungkan satu desa percontohan di Kecamatan Muntok dan di lima kecamatan lain menyusul di tahun selanjutnya," ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Pemerintahan Desa Kabupaten Bangka Barat, Sidarta Gautama di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan, desa ramah anak merupakan desa yang sadar akan kebutuhan tumbuh kembang, kreasi, dan ekspresi anak dengan tersedianya berbagai fasilitas pendukung.

Menurutnya, desa tersebut wajib memiliki berbagai infrastruktur pendukung yang mampu menciptakan lingkungan kondusif untuk tumbuh kembang anak.

"Pemkab akan memfasilitasi sarana dan prasarana seperti taman anak, area bermain dan belajar, jalan yang aman dan nyaman menuju sekolah, tersedianya lembaga atau organisasi perlindungan anak dan lainnya," kata dia.

Ia yakin pada tahun ini akan berhasil mewujudkan desa percontohan tersebut di Muntok, ibu kota Kabupaten Bangka Barat dan pada 2015 diteruskan ke seluruh lima kecamatan lain di daerah itu.

Syarat utama desa ramah anak adalah tersedianya lingkungan sehat dan kondusif untuk bermain dan berkreasi, kami selama ini telah melakukan fasilitasi dan memberdayakan pemerintahan desa untuk mewujudkan target tersebut, katanya.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014