Pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka, mengajak seluruh lapisan masyarakat di daerah itu untuk melakukan pencegahan bahaya narkotika sejak dini.

Kepala BNNK Bangka, Eka Agustina melalui siaran pers di Sungailiat, Kamis mengatakan, pencegahan dini bahaya narkotika perlu dilakukan oleh seluruh masyarakat mengingat ancamannya sangat membahayakan masyarakat.

"Setiap tahunnya pelaku tindak kejahatan peredaran narkotika berusaha mengelabui masyarakat dengan berbagai jenis modus narkoba yang sulit untuk diketahui masyarakat umum," katanya.

Ancaman seperti ini kata dia, harus segera dilakukan pencegahan dini oleh seluruh lapisan masyarakat dengan cara memaksimalkan mengikuti berbagai sosialisasi gerakan pencegahan narkotika dan obat terlarang lainnya.

"Selain mengoptimalkan sosialisasi pencegahan, kami juga melakukan pengawasan di sejumlah tempat umum dengan melibatkan instansi terkait," ujarnya.

Menurutnya, dengan jenis narkoba yang berbeda akan berdampak pada meningkatnya kasus pelanggaran penyalahgunaan narkotika terutama di tempat umum seperti pasar tradisional karena sebagai tempat jual beli baik makanan ataupun minuman.

"Ditempat-tempat umum yang banyak dikunjungi masyarakat seperti itu yang kami perketat pengawasan untuk mencegah peredaran narkoba," ujarnya.

Dia menyarankan masyarakat untuk segera melapor ke pihak berwajib jika mengetahui adanya dugaan peredaran narkotika di tengah masyarakat agar segera dilakukan penindakan.

Dia mengakui, sampai sekarang belum mendapatkan barang bukti narkoba jenis baru namun pelaku kejahatan narkoba akan berusaha maksimal barang haram tersebut dapat masuk ke masyarakat.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020