Kepolisian Resor Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membentuk tim penanggulangan bencana alam.

Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo di Koba, Kamis, mengatakan dibentuknya tim tersebut sebagai bentuk komitmen pihak kepolisian dalam melakukan antisipasi dan siaga terhadap bencana.

"Kami sudah melakukan perencanaan dan pola penanganan bencana dengan tanggap, cepat dan tepat," ujarnya usai pergelaran apel bersama tim terpadu penanggulangan bencana.

Ia mengatakan, pembentukan tim penanggulangan bencana merujuk kepada perintah Kapolri yang di instruksikan kepada seluruh Polda dan Polres seluruh Indonesia.

"Apel tim penanggulangan bencana ini dalam rangka mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana dan prasarana Polres Bangka Tengah sebelum diterjunkan ke lapangan," ujarnya.

Ia mengatakan, tim penanggulangan bencana tersebut terdiri dari sejumlah unsur dan instansi yaitu unsur pemerintah daerah, TNI, PLN dan sejumlah organisasi terkait lainnya.

"Tentu kami mengharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan optimal dalam rangka mengantisipasi penanggulangan bencana alam yang sewaktu - waktu dapat terjadi," ujarnya.

Ia mengatakan, penanganan bencana dengan cepat, tepat sasaran dan efektif serta efisien dapat tercapai dengan kerjasama dan koordinasi yang baik dari semua pihak.Mereka tergabung dalam tim terpadu penanggulangan Bencana di Kabupaten Bangka Tengah.

"Penanggulangan bencana alam memang harus upaya bersama, maka dibentuk tim yang memiliki komitmen bersama dalam mengantisipasi bencana," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020