Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mendukung PT. Petroland Sumatera Indonesia yang merupakan mitra dari PT. Petrokimia Gresik wilayah Sumbagsel dalam mengembangkan komoditi jagung di wilayah babel. 

"Jagung sudah menjadi komoditi andalan bagi petani dan kebutuhan pokok masyarakat. Intinya, kerjasama kita, masyarakat yang kerja di situ, bagi hasilnya, apa yang bapak bantu, dan kami  turun langsung membantu," kata Gubernur Babel, Erzaldi Rosman saat menanggapi dengan baik maksud dari PT. Petroland Sumatera Indonesia, Senin.

Erzaldi mengatakan, Petroland silahkan segera mengajukan izin, menentukan lokasi dan saling berkoordinasi dengan kelompok masyarakat. Hal ini dimaksud, agar segera diproses sehingga dapat mencapai target sesuai dengan yang telah ditetapkan.

Pihak Petroland sendiri menyatakan bahwa akan segera meninjau ke beberapa lokasi per-tanggal 15, lalu saling membahas mengenai proses pengerjaan/penanaman, sosiasasi, dan survey lapangan. Jaminan beli harus ditandatangani sebelum melakukan proses penanaman. 

"Segera Petroland mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk segera mengajukan permohonan ke pemerintah.
Pilihlah lahan-lahan yang memiliki potensi agar dapat membantu penghasilan perekonomian para petani," ujarnya. 

Erzaldi menambahkan, Petroland nantinya akan membungkus proses ini dalam sebuah kelembagaan agar lebih memudahkan dalam menjalin proses kerjasama, sehingga nanti dapat dibuat hubungan kemitraan antara lembaga Petroland dan lembaga masyarakat seperti karang taruna dan kelompok petani.

Silahkan segera mengajukan izin dan semua hal yang dibutuhkan kepada pemerintah. Dalam hal ini, izin diajukan oleh masyarakat yang bekerjasama dengan cara melakukan MoU dengan KKPH.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020