Bangka Belitung (Babel) akan menjadi tuan rumah perhelatan kegiatan level internasional, yakni tour the Babel atau ajang bersepeda tingkat Internasional 2021.

"Event ini akan melalui kawasan atau jalur-jalur wisata di Babel. Kalau boleh jalur yang dilalui bukan jalan-jalan utama, tetapi jalur alternatif yang  memiliki angle yang bagus, di pinggir pantai juga boleh," kata Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman di Pangkalpinang, Selasa.

Erzaldi mengatakan, pelaksanaan kegiatan tersebut akan mengikutsertakan Kabupaten/Kota se- Babel sebagai penyelenggara, karena jalur yang dilalui Tour de Babel akan melintasi jalur - jalur wisata yang ada di Babel.

Adanya kegiatan balap sepeda di Babel, mampu mendorong pertumbuhan simpul – simpul obyek daya tarik wisata sepanjang jalur atau rute event, sehingga akan mendorong integrasi pembangunan lintas sektor dan wilayah, termasuk kabupaten dan kota.

"Begitu pula dengan kawasan Menumbing, diharapkan bisa menjadi jalur yang harus dilalui para peserta Tour de Babel 2021," ujarnya.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Suharto menambahkan,  dalam ajang pihaknya akan mengikutsertakan para pembalap sepeda tingkat Internasional. Itu rencananya akan dibagi dalam 5 etape, dimana 1 etape kurang lebih 240 km.

"Untuk menggelar kegiatan level internasional tersebut, harus ada kerjasama antara Pemprov Babel bersama Kabupaten/Kota se- Babel, sehingga penyelenggaraannya dapat berjalan dengan sukses," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020