Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membangun dermaga mini, khusus untuk tempat sandar dan tambatan perahu nelayan di Kecamatan Sungaiselan.

"Sungaiselan termasuk kecamatan yang mayoritas warganya nelayan, sudah semestinya dibangun dermaga yang memadai," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh usai meresmikan pengoperasian dermaga tersebut di Sungaiselan, Sabtu.

Ia menambahkan, pembangunan dermaga tambatan perahu tersebut memang sudah keinginan masyarakat pesisir sejak lama dan baru sekarang terealisasi.

"Tentu saja dengan adanya tambatan perahu yang memadai, lebih memudahkan para nelayan untuk sandar dan membongkar hasil tangkapan mereka," ujarnya.

Ia mengemukakan, fasilitas dermaga khusus untuk nelayan sangat penting karena terkait dengan akses transportasi nelayan untuk membongkar hasil tangkapannya.

"Kalau kondisi dermaga memadai, tentu nelayan lebih cepat bongkar ikan dan kondisi ikan tentu masih segar," lanjutnya.

Ia meminta kepada para nelayan untuk menjaga fasilitas dermaga itu dengan baik sehingga tidak cepat rusak dan terutama tetap menjaga kebersihan di sekitar dermaga.

"Sungaiselan ini, juga termasuk pintu masuk barang dan orang dari Provinsi Sumsel melalui pelabuhan kecil," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020