Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki potensi kuliner dan karya seni (kriya) yang sangat tinggi. Potensi kuliner/pangan sebesar 63% dengan cita rasa yang khas dan enak serta berbahan baku sumber daya lokal seperti lempah kuning dan kerupuk kemplang. Sedangkan, untuk potensi kriya/kerajinan sebesar 8% dengan ciri unik yang menjadi ciri khas Bangka Belitung seperti tenun cual, kerajinan pewter, kopiah resam, rajutan Bangka, dan batu satam.

Hal ini dijelaskan oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi, saat melakukan audiensi dengan Istri Wakil Presiden Republik Indonesia, Wury Estu Handayani yang menjabat sebagai Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional di Rumah Dinas Wakil Presiden RI, pada Jumat (7/2) .

Menurutnya, audiensi ini dilakukan karena pada 26 Februari nanti akan diagendakan Kongres Umat Islam Nasional yang akan diadakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang rencananya dihadiri oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin beserta istri.

"Kehadiran kita di sini, selain silaturahmi juga menyampaikan potensi-potensi kerajinan yang ada di Bangka Belitung sekaligus menindaklanjuti apakah Ibu Wapres berkenan hadir. Kemudian akan menjadi agenda kunjungan kerja Ibu Wapres sebagai Ketua Umum Dekranas dan kami akan menyiapkan kegiatan-kegiatan ketika Ibu Wapres hadir di Bangka Belitung nanti," jelasnya.

Ketua Dekranasda Provinsi Kep. Bangka Belitung, Melati Erzaldi, menyatakan harapannya bahwa dengan kehadiran Ketua Umum Dekranasda ke Bangka Belitung ini akan memotivasi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) di Bangka Belitung.

"Khususnya menjadi motivasi bagi pengrajin tenun yang menjadi produk andalan kami dan berharap agar ada kerjasama dan sinergisitas yang baik antara Dekranas dengan Dekranasda Bangka Belitung," harapnya.  

Beliau juga mengharapkan adanya bantuan mesin untuk mempermudah proses pewter yang merupakan salah satu produk unggulan Dekranasda Bangka Belitung yang berbahan dasar timah.

Hadir pada audiensi ini, Ketua Umum Dekranas bersama Leomongga Agus Gumiwang, Wakil Ketua I Dekranas; Chandrasari Agus Suparmanto, Ketua Daya Saing Dekranas; dan Gati Wibawaningsih, Sekjen Dekranas.

Ketua Dekranasda Kep. Bangka Belitung, Melati Erzaldi, hadir bersama Kepala Bidang Daya Saing Dekranasda Bangka Belitung, Yuliswan; Kepala Bidang Manajemen Usaha Dekranasda Bangka Belitung, Elfiana; Sekretaris Dekranasda Bangka Belitung, Reza Aryani; Kepala Bidang Promosi dan Kerjasama, Taufik Eko Nugroho; Konsultan Pengembangan UMKM, Wili Saepudin; Koordinator Daya Saing Dekranasda, Subekti serta Bendahara Dekranasda, Hayati.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020