Badan perencanaan pembangunan daerah (Bappeda) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) setempat lebih fokus dalam melakukan capaian dengan memprioritaskan pembangunan "Bangka Setara".

Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto pada Senin, mengatakan, capaian prioritas pembangunan sesuai visi misi "Bangka Setara" melalui perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien serta monitoring dan evaluasi hasil-hasil pembangunan yang dilakukan secara konsisten dan berkala.

Menanggapai diraihnya penghargaan SAKIP 2019 kata dia, secara faktual, semua upaya yang telah kami lakukan berhasil mendongkrak keberhasilan Pemkab Bangka sehingga masuk dalam kategori “BB” atau Sangat Baik tahun 2019.

"Kedepan kami akan terus melakukan perbaikan dengan mulai berfokus pada implementasi "Performance Based Organization", jelasnya.

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten Bangka, meraih penghargaan SAKIP oleh Menpan RB jauh mengungguli capaian pemerintah daerah di Indonesia.

Secara Nasional, hasil evaluasi SAKIP pada tahun 2019 masih menunjukkan bahwa sebanyak 87 Kabupaten/Kota dengan predikat “C”, 130 kabupaten/kota dengan predikat “CC”, 220 Kabupaten/Kota dengan predikat “B”, dan hanya sebagian kecil kabupaten/kota berpredikat “BB”.

Pemkab Bangka menjalankan dengan ketat amanat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Negara yang Bersih dan Bebas KKN, Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah.

Serta Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014 tentang SAKIP, Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2017 tentang Sinkronisasi Proses Perencanaan dan Penganggaran Pembangunan Nasional.

"Kelima peraturan perundangan tersebut mengamanatkan kami untuk menciptakan akuntabilitas berorientasi hasil sebagai pengejawantahan manajemen kinerja sektor publik dan anggaran berbasis kinerja," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020