Personel Satpolair Polres Bangka Barat, Provinsi Kepulauan bangka Belitung mengimbau para nelayan untuk selalu mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca buruk guna mencegah kecelakaan saat beraktivitas di laut.

"Kewaspadaan terhadap kemungkinan pergantian cuaca secara mendadak perlu ditingkatkan, pantau selalu informasi dari BMKG guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," kata Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenandi Mentok, Selasa.

Ia mengatakan, imbauan kepada para nelayan tradisional lokal dan para nelayan dari luar daerah yang merapat di Pelabuhan Mentok terus dilakukan guna meningkatkan kewaspadaan di laut.

"Selain imbauan langsung kepada para nelayan, kami juga memasang sejumlah papan informasi guna mengingatkan para nelayan agar selalu mengutamakan keselamatan," katanya.

Pada saat personel melakukan sosialisasi tatap muka langsung dengan para nelayan, selain imbauan mewaspadai cuaca juga disampaikan pentingnya kerja sama antara para nelayan dan personel guna menjaga situasi kamtibmas.

"Pola dialog antara personel dengan para nelayan terus dilakukan agar ada kerja sama yang erat sehingga memudahkan dalam menjaga situasi kamtibmas di wilayah laut dan pesisir," ujarnya.

Pola pendekatan personel kepada para nelayan itu dimaksudkan agar bisa bersama-sama menciptakan perairan di wilayah hukum Polres Bangka Barat aman dan kondusif serta meningkatkan peran aktif warga di dalamnya.

Dia berharap jika mengetahui atau melihat ada dugaan tindak pidana di perairan dan pesisir segera laporkan dengan menghubungi personel Polres Bangka Barat atau Satpolair atau Polsek terdekat.

"Laporan sekecil apapun akan kami tindaklanjuti guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Kapolres mengatakan kegiatan sosialisasi dan patroli di sekitar Pelabuhan Ikan Mentok diharapkan bisa memberikan rasa aman dan nyaman para nelayan yang biasa melaut di wilayah perairan di daerah itu.

Dalam setiap aktivitas di laut selalu utamakan keselamatan dengan mengenakan jaket keselamatan, memperhatikan faktor cuaca alam, tidak melebihi kapasitas muatan dan dilarang mengomsumsi minuman beralkohol, obat terlarang yang dapat mengganggu dan membahayakan keselamatan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020