Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih predikat B pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dari Kemenpan RB pada tahun 2019.

"Hasil penilaian dari Kemenpan RB terkait Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019, Pemkab Basel meraih nilai 64,88 atau mendapat Predikat B," kata Plt Kepala Bappeda Kabupaten Bangka Selatan, Herman di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan dengan hasil baik ini pihaknya berkomitmen akan jadi lebih baik kedepan, karena belum puas dengan hasil tersebut.

"Kami sangat bersyukur dengan raihan ini, meski hasil dari penilaian naik sebanyak 1,71 poin, namun kami belum puas. Kita akan cek, evaluasi item-item yang akan kita naikkan. Salah satunya masalah pelaporan kinerja," kata dia.

Ia mengatakan pada pelaporan kinerja, masing masing OPD dinilai belum transparan dalam mempublikasikan laporan kinerja melalui website. Website pada masing-masing OPD dinilai belum maksimal.

"Salah satunya informasi publik . Yang kedua dari segi perencanaan kinerja. Belum konsisten antara RPJMD, Renstra dan Renja Perangkat Daerah. Jadi kita pelan-pelan untuk memperbaikinya," kata dia.

Menurut dia, pada tahun 2020 ini Bappeda akan merapikan poin poin yang menjadi catatan guna meraih nilai yang lebih baik pada penilaian SAKIP mendatang.

"Dibawah kendali Bappeda, kami akan memanggil OPD yang ada untuk berkoordinasi dan membedah item item yang harus dinaikan agar dapat nilai lebih baik," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020