Ketua legislatif Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Iskandar memberikan apresiasi besar kepada pihak eksekutif setempat yang berhasil meraih penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019 dengan predikat BB.

"Saya memberikan apresiasi besar atas kerja keras pemerintah Kabupaten Bangka yang berhasil meraih penghargaan SAKIP 2018 dengan predikat BB, yang langsung diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo," katanya di Sungailiat, Rabu.

Dia mengatakan, penghargaan tersebut merupakan ajang evaluasi SAKIP tahun 2019 yang dilaksanakan sesuai amanat Peraturan Pemerintah No. 8/2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah serta Peraturan Presiden No. 29/2014 tentang SAKIP.

Hal penting yang harus dilakukan eksekutif setelah diraih penghargaan SAKIP tersebut, kata dia, dengan optimalisasi kinerja yang lebih baik sehingga sesuai dengan program kerja yang dirangkum dalam visi misi "Bangka Setara".

"Penghargaan SAKIP harus mampu menjadi motivator besar agar ditahun berikutnya minimal mampu mempertahankan predikat yang sama dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Untuk menetapkan suatu daerah layak atau tidaknya mendapatkan penghargaan kata dia, setelah dilakukan proses penilaian oleh tim Menpan RB dari berbagai aspek program kerja pemerintah daerah tersebut.

"Seperti perencanaan pembangunan apakah dianggap tepat sasaran dan memberikan nilai manfaat atau tidak kepada masyarakat termasuk efektivitas dan efisiensinta," jelas Iskandar.

Tim penilai juga melihat kemampuan instansi pemerintah dalam melakukan pengelolaan penggunaan anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan demi memberikan pelayanan dan manfaat bagi masyarakat.

"Prinsipnya kami mendukung penuh program pemerintah daerah sebagaimana visi dan misi "Bangka Setara", guna kepentingan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat," jelasnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020