Muntok (Antara Babel) - Sebanyak 1.496 orang dari berbagai daerah sudah mendaftar sebagai calon peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung.

"Per hari Selasa (16/9) sudah tercatat sebanyak 1.496 orang pelamar yang akan mengisi 104 formasi CPNS yang disediakan," ujar Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bangka Barat, Ismantho di Muntok, Rabu.

Ia menjelaskan, dari sebanyak 1.496 pendaftar tersebut yang sudah menyerahkan berkas lamarannya sebanyak 224 orang ke panitia di tingkat kabupaten.

Namun, katanya, dari sebanyak 224 berkas tersebut masih ada beberapa yang belum lengkap persyaratannya dengan variasi berbeda dan pihaknya sudah memberikan kesempatan untuk segera dilengkapi.

"Setelah berkas tersebut kami terima, ada tim verifikasi khusus untuk mencek berkas, kalau masih ada kekurangan segera dikabari untuk perbaikan," kata dia.

Ia mengharapkan pada penerimaan CPNS tahun ini, semua formasi terisi sehingga bisa mengurangi kekurangan pegawai di lingkungan pemkab setempat.

Ia mengatakan, pada penerimaan CPNS tahun lalu, panitia menerima sebanyak 2.800 berkas lamaran, namun terdapat sekitar 300 berkas tidak memenuhi syarat sehingga tidak bisa mengikuti tes.

Diharapkannya pengalaman masih banyaknya pelamar yang tidak bisa ikut tes karena kekurangan berkas tidak terulang pada tahun ini, sehingga peluang memenuhi formasi yang ditawarkan tercapai.

Berdasarkan analisa beban kerja, katanya, pemkab saat ini membutuhkan sebanyak 5.300 orang pegawai, namun pada kenyataannya baru memiliki 2.996 orang PNS atau masih ada kekurangan sekitar 2.300 orang.

"Kami berharap penerimaan CPNS kali ini bisa terisi semua formasi yang ditawarkan sehingga bisa mengurangi beban tersebut," kata dia.

Pada penerimaan CPNS tahun ini, pemkab menyediakan sebanyak 104 formasi yang terdiri dari 20 formasi tenaga pendidikan, 17 tenaga kesehatan dan 67 tenaga teknis dengan latar belakang pendidikan beragam.

Pada formasi itu, juga disediakan sebanyak lima formasi yang bisa diikuti pelamar berlatar belakang sarjana dari semua jurusan dan tiga formasi untuk lulusan SMK.

"Kami harapkan variasi latar belakang pendidikan ini bisa mengakomodir seluruh warga lokal untuk ikut bersaing mendapatkan peluang itu," kata dia.

Pewarta: Oleh Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014