Sungailiat (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ditetapkan sebagai daerah terbaik dalam sistem perencanaan tata ruang wilayah mengalahkan empat kabupaten/kota lain di Indonesia.

Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto di Sungailiat, Jumat, mengatakan, Kabupaten Bangka termasuk daerah terbaik dalam sistem perencanaan tata ruang wilayah mengalahkan Maros, Banyuwangi, Sumbawa, dan Jepara.

"Hasil ini berdasarkan penilaian dari tim Kementerian Pekerjaan Umum yang dilakukan beberapa waktu lalu termasuk hasil wawancara antara tim dengan Bupati Bangka," katanya.

Menurut dia, tim menilai Kabupaten Bangka memiliki keunggulan dibanding empat kabupaten/kota lain, yaitu terkait perizinan dan insentif untuk pembangunan.    
    
"Tim penilai melihat dari aspek kelebihan atau kekuatan pengendalian tata ruang wilayah yang direncanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bangka yang dianggap lebih baik dibanding empat kabupaten/kota itu," ujarnya.

Sementara Bupati Bangka, Tarmizi Saat mengatakan pihaknya merencanakan sistem pemanfaatan ruang wilayah yang baik dari struktur perekonomian tanpa penambangan bijih timah tahun 2009-2013.

"Kita sudah merencanakan dengan matang sistem pemanfaatan ruang dan wilayah termasuk kawasan lindung, kawasan budidaya, dan kawasan perkotaan,," katanya.

Dia menginginkan selama lima tahun ke depan Kabupaten Bangka dapat menjadi daerah kabupaten percontohan di Provinsi Bangka Belitung dan provinsi lainnya di Indonesia.

"Kita harus bisa menata semua lini mulai dari penataan ruangan wilayah, pasar, sumber air, dan lainnya," kata bupati.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014