Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyelenggarakan lomba penulisan cerita rakyat yang ada di Desa desa di Kabupaten Bangka Selatan (Basel).

Kabid Kebudayaan, Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Selatan, Sofian di Toboali, Minggu mengatakan, Lomba penulisan cerita rakyat tersebut mengikutsertakan seluruh masyarakat baik pelajar, mahasiswa, umum, hingga tokoh masyarakat yang ada di desa.

Menurut dia, lomba penulisan cerita rakyat tersebut bertujuan meningkatkan kreatifitas pelajar pada khususnya dan masyarakat pada umumnya terutama dalam bidang literasi.

Selain meningkatkan literasi, lanjutnya penulisan cerita rakyat tersebut diperuntukkan sebagai cara untuk memperkenalkan asal usul dan cerita tentang desa yang ada di Basel serta mencintai kebudayaan lokal.

Rencananya, hasil dari cerita tersebut akan dikumpulkan dan dinilai oleh sejarawan dan ahli bahasa nantinya.

"Penilaian yang dilakukan oleh tim juri nantinya meliputi tingkat kebenaran cerita tersebut serta tata bahasanya," ungkap Sofian.

Ia menjelaskan lomba penulisan tersebut sudah dimulai sejak 17 Februari lalu dan akan berakhir pada 20 Februari.Tiga pemenang dalam lomba ini akan mendapatkan Sertifikat, Trophy, dan Uang Pembinaan.

"Ayo masyarakat Basel kita perkenalkan cerita rakyat melalui literasi," kata dia.

Pewarta: Eko SR

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020