Sungailiat (Antara Babel) - DPRD Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membentuk tujuh fraksi untuk dan satu fraksi partai gabungan, dengan tujuan untuk mengelompokkan anggota legislatif sesuai struktur organisasi dewan.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Bangka Sementara, Parulian Napitupulu di Sungailiat, Sabtu mengatakan, lembaganya sudah membentuk tujuh fraksi utuh dan satu fraksi gabungan.

"Ketujuh fraksi utuh tersebut meliputi, fraksi PDI Perjuangan, fraksi Golkar, fraksi Nasdem, fraksi Hanura, fraksi PPP, fraksi Demokrat, fraksi Gerindra," ujarnya.

Sedangkan fraksi gabungan kata dia, terdiri dari partai Keadilan Sejahtera, PAN dan PKPI tergabung dalam fraksi Persatuan Amanat Sejahtera (PAS), di mana masing-masing dari partai itu hanya mendapatkan satu kursi.

"Saya minta dari masing-masing fraksi tersebut  mengusulkan pengurus agar segera dapat ditetapkan dan disahkan sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku," kata Parulian.

Hasil pemilu legislatif 2014 Kabupaten Bangka, menetapkan 35 kursi dari partai politik peserta pemilu meliputi, tujuh kursi dari PDI Perjuangan, partai Golkar sebanyak enam kursi, partai Demokrat sebanyak enam kursi, partai Nasdem sebanyak empat kursi," katanya.

"Partai Hanura sebanyak tiga kursi, Gerinda sebanyak kursi, PPP sebanyak tiga kursi, PKS hanya satu kursi, PAN sebanyak satu kursi dan PKPI sebanyak satu kursi," katanya.

Dengan  terbentuknya fraksi di legislatif ini Parulian meminta, agar seluruh anggota dewan yang berjumlah keseluruhan 35 orang sudah mulai bekerja maksimal meskipun pengurus fraksi belum terbentuk.

Pewarta: Oleh Kasmono

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2014