Sebanyak 280 petugas PLN Unit Induk Wilayah Bangka Belitung siap mengamankan pasokan listrik untuk mendukung agenda Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin di Pangkalpinang dalam rangkaian kegiatan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) ke VII pada Rabu (26/02).

"Kami sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan inventarisasi lokasi kunjungan kerja Wapres beserta rombongan. Di lokasi-lokasi tersebut kami siagakan petugas beserta dengan skema pengamanan pasokan listrik," kata Senior Manager Teknik PLN UIW Babel, Taufik Eko, Selasa.

Beberapa lokasi yang menjadi prioritas suplai listrik adalah instalasi vital, yaitu tempat-tempat dilaksanakannya kegiatan KUII ke VII. Pusat transportasi seperti bandar udara dan lokasi penunjang lainnya misalnya hotel, rumah makan, serta gedung serba guna juga tidak luput dari prioritas suplai pasokan.

"Contingency Plan kita lakukan dengan menyiapkan pasokan listrik sebanyak tiga hingga empat lapis di masing-masing lokasi. Beberapa titik mendapat suplai utama dari genset, namun beberapa titik lain mendapat suplai utama dari penyulang PLN dengan dibackup oleh genset dan uniterupable power supply (UPS)," ujar Eko.

Selama kunjungan tersebut, PLN menyiagakan petugas selama 24 jam, standard operating procedure (SOP) dan simulasi switching bila suplai utama bila terjadi gangguan.

Uji switching pun dilakukan bersama dengan anggota paspampres untuk memastikan kecepatan manuver beban bila hal itu terjadi. Kurang lebih dalam kurun waktu tiga detik, pasokan dapat kembali disuplai dengan backup yang telah disiapkan.

Instalasi pelanggan yang menjadi pusat-pusat kegiatan juga tak luput dari pemeriksaan petugas PLN. Satu persatu lokasi dicek secara intensif dan dilakukan pergantian apabila terdapat peralatan listrik yang rusak.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020