Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma'ruf Amin berharap Pesantren An-Nawawi Tanara 2 di Kelurahan Selindung Kota Pangkalpinang  mampu mencetak ulama besar seperti  Syekh Nawawi Al-Bantani.

"Saya ingin pesantren ini dapat memunculkan Nawawi-Nawawi baru di Bangka Belitung," kata Ma,ruf Amin saat memberikan kata sambutan peletakan batu pertama Pesantren An-Nawawi Tanara 2 di Selindung, Kamis.

Ia mengatakan pesantren ini dinamai An-Nawawi merupakan ulama terbesar di Indonesia, beliau karangannya lebih dari 100 kitab berbahasa Arab termasuk kitab tafsir.

"Beliau ulama Indonesia yang masuk dalam kamus bahasa Arab terbesar di dunia yang namanya Al Munziq," katanya.

Dalam kitab Al Munziq ini hanya ada dua nama di dalam kitab tersebut, pertama Bung Karno yang menyebutkan tokoh politik yang membawa Indonesia merdeka. Kedua Syekh Nawawi disebut Nawawi orang Jawa itu ulama fiqih bermashab safi'i, seorang ahli tasawuf unggul di bidang tafsir.

"Beliau lahir dan besar di Jawa dan pindah ke Mekkah dan muridnya hampir seluruh ulama di Indonesia," katanya.

Ia menilai penting pembangunan pondok pesantren ini untuk menyiapkan orang-orang yang memahami agama, karena pada hakekatnya untuk menyiapkan tokoh perbaikan atau perubahan perlu ulama dan pemimpin yang paham agama.

"Saya berharap dengan adanya pesantren dapat melahirkan ulama-ulama besar seperti Syekh Nawawi yang salah satu ulama Indonesia yang diakui dunia internasional," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Adhitya SM


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2020